Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Laman

Senin, 24 Juni 2013

10 Fakta Film Paranormal Activity

dunia-onlineone.blogspot.com - Apakah anda tau film yg satu ini? ya Paranormal Activity. Saya pas pertama kali menonton film ini merasa takut ya wajar lah dari PA (Paranormal Activity) 1,2,3,4 saya sudah menontonnya. Nah menurut cerita PA kesatu itulah yg jadi kisah nyata,yang ditulis dan disutradarai oleh Oren Peli.  Film ini berkisah mengenai pasangan muda, Katie dan Micah, yang dihantui oleh kekuatan supranatural di rumah mereka. Film ini menggunakan genre "found footage" dari kamera yang mereka pasang untuk mengetahui apa yang menghantui mereka. Film ini merupakan film paling menguntungkan yang pernah dibuat berdasarkan return on investment. Inilah dia 10 fakta unik tentang film ini.

1. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Oren Peli, seorang berkebangsaan Israel kelahiran 1971. Ini adalah film pertama yang disutradarai olehnya. Yang menakjubkan adalah ternyata dia takut pada hantu seumur hidupnya, bahkan Oren Peli ketakutan ketika menonton film “Ghostbuster”.
2. Setting lokasi film ini adalah sebuah rumah yang tergolong sangat biasa bagi masyarakat di Amerika sana. Malahan film ini menggunakan rumah yang sebenarnya sebagai setting lokasinya, bukan di studio film. Yang menakjubkan adalah ternyata rumah yang digunakan dalam film ini adalah bener-bener rumah milik Oren Peli, sang sutradara dan penulis film ini. Oren Peli menghabiskan waktu setahun untuk mempersiapkan rumah ini. Dia mengecat ulang, menambah funiture, memasang karpet, bahkan sampai membangun sebuah tangga baru di rumahnya itu.
3. Ini adalah sebuah film independence. Sepenuhnya modal yang digunakan untuk pembuatan film ini berasal dari kantong Oren Peli. Oren Peli tidak menggunakan kru kamera, dia mengedit filmnya sendiri, Bahkan syuting film ini dilakukan di rumahnya sendiri. Secara keseluruhan film ini menghabiskan dana sekitar 15.000 US$. Yang menakjubkan adalah dengan dana 15 ribu US$, film ini mampu menghasilkan lebih dari 100 juta US$. menjadikan film ini sebagai paling menguntungkan berdasarkan perhitungan return on investment (ROI).
4. Film ini menceritakan tentang kehidupan sebuah pasangan muda bernama Katie dan pacarnya Micah. Yang menakjubkan adalah ternyata nama tokoh-tokoh dalam film itu adalah nama mereka yang sebenernya. Katie diperankan oleh Katie Featherston dan Micah diperankan oleh Micah Sloat. Bahkan tokoh Amber, teman Katie dan Micah, diperankan oleh Amber Armstrong.
5. Hubungan antara dua tokoh utama dalam film ini terlihat sangat jelas melalui dialog-dialog yang terjadi antara keduanya. Dialog-dialog tersebut juga terlihat sangat alami dalam setiap situasi sehingga film ini menjadi sangat meyakinkan. Yang menakjubkan adalah ternyata film ini sama sekali tidak menggunakan skenario. Oren Peli hanya memberikan arahan tentang situasi-situasi yang sedang terjadi. Semua dialog yang terjadi dalam film ini sepenuhnya adalah hasil improvisasi dari para pemerannya. Kejeniusan Oren Peli terlihat dalam casting film ini ketika dia memutuskan untuk memasangkan Katie Featherston dan Micah Sloat sebagai tokoh utama film ini.
6. Katie Featherston dan Micah Sloat sebagai tokoh utama dalam film ini selain berperan sebagai aktor mereka juga berperan sebagai penulis skenario karena dialog-dialog yang terjadi dalam film ini adalah hasil improvisasi mereka. Yang menakjubkan adalah selain itu, mereka juga berperan sebagai kameraman dalam film ini. Sepanjang film ini, kita melihat bahwa hanya ada satu kamera yang digunakan dan kamera tersebut dipegang oleh Micah, Katie atau hanya ditaruh di tripod. biasanya Micah yang memegang kameranya. Hal ini juga didukung oleh latar belakang dari aktor Micah Sloat yang ternyata adalah seorang kameraman untuk stasiun TV di kampusnya dulu.
7. Film ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 14 Oktober 2007 di Screamfest Film Festival, sebuah event yang menampilkan film-film independence bernuansa horror, dan menarik perhatian Creative Artists Agency (CAA). CAA sendiri adalah agensi ternama di Los Angeles yang menjadi agen bagi bintang-bintang terkemuka di bidang film, TV, musik, dan olahraga. Klien mereka termasuk Meryl Streep, Brad Pitt, George Clooney, Sandra Bullock, Oprah Winfrey, Julia Roberts, Steven Spielberg, dan David Letterman. Yang menakjubkan adalah walaupun sudah didukung oleh CAA, film ini masih harus melalui jalan yang panjang dan berliku agar bisa menjadi film papan atas. Film ini sebenernya akan dimasukkan ke dalam festival Sundance namun ditolak. Hingga akhirnya film ini menarik perhatian para petinggi Dreamworks termasuk diantaranya Steven Spielberg.
8. Akhinya film ini dibeli oleh Paramount Picture sebagai pemilik dari Dreamworks. Yang menakjubkan adalah walaupun film ini dimiliki oleh Paramount Picture, film ini tidak langsung dirilis secara nasional di Amerika sana. Pada awalnya film ini hanya dirilis di 13 kota di Amerika. Lalu Oren Peli melalui websitenya mengajak para pengunjungnya untuk mengundang film ini agar masuk kedalam kota-kota mereka. Melalui perjuangan keras para pendukung film ini akhirnya pada tanggal 16 Oktober 2009 film ini akhirnya dirilis secara nasional di Amerika.
9. Pada tanggal 29 Desember 2009, versi DVD dan Blu-ray film ini dirilis di Amerika Serikat. Yang menakjubkan adalah selain DVD dan Blu-ray, film ini juga dirilis dalam format VHS. Hal ini dilakukan atas desakan petisi website WeWantVHS.com. Sebuah website yang memperjuangkan format VHS. Website ini terkenal sangat pemilih dan hanya memilih film-film yang sangat menarik untuk mereka perjuangkan. Sebagus inilah film ini.
10. Secara keseluruhan, film ini adalah film yang sangat bagus. Yang menakjubkan adalah setelah film ini menjadi hak milik Paramount Picture beberapa perubahan dilakukan pada film ini. Beberapa adegan ada yang dihapus dan ada beberapa adegan yang ditambahkan. perubahan paling mencolok adalah pada ending film ini. Ending film yang kita lihat di Indonesia, entah di bioskop, di VCD , atau di DVD adalah hasil editan Paramount Picture. Ending ini diubah atas masukan dari Steven Spielberg. Banyak argumen yang bergejolak di internet yang menyatakan bahwa perubahan ending ini dimaksudkan agar ada peluang untuk menciptakan sequel bagi film ini. Tapi tenang aja, bagi temen-temen yang penasaran, Ending yang “asli” dari film ini dapat ditemukan di internet.
Sekian dulu fakta-fakta menakjubkan yang Saya temukan tentang film “Paranormal Activity”.
Sumber : IMBD

2 komentar:

  1. Channel kontol..gk jlas .begok..anjing kau memek jembut bangsat sialan..

    BalasHapus
  2. Katanya cctv lgsg bukan film payah

    BalasHapus

 
Copyright © -2012 Dunia Online All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks